Jumat, 31 Maret 2017

PELATIHAN JAMU INSTAN



Sebagai upaya untuk ikut serta berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, HMPS Farmasi atau yang biasa disebut HIMAFARMA melaksanakan program “Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Jamu Instan” bagi warga Loka Bina Karya (LBK), Josenan, Madiun. Pelaksanaan program pada hari Selasa, 8 Februari 2017 bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha bagi warga binaan melalui proses pemberian bekal pengetahuan dan keterampilan pembuatan jamu instan berbahan baku utama rimpang jahe. 

Alasan pemilihan masyarakat sasaran adalah warga binaan LBK Dinas Sosial Kota Madiun yang kebanyakan dihuni oleh para pengamen dan pengemis, menjadi pertimbangan utama untuk turut serta dalam mengentaskan kemiskinan kaum marjinal.

Yang menjadikan program ini begitu berkesan bagi para mahasiswa adalah semangat dan antusias peserta yang rata-rata ibu berusia setengah lanjut. Suasana pelatihan yang santai, seru namun tetap penuh perhatian menjadi lebih hidup karena para peserta aktif bertanya dan benar-benar mau terlibat dalam setiap proses pembuatan jamu instan.

Beberapa pernyataan rasa kaget dan takjub yang terlontar dari peserta “Waah kok bisa ya?! Cairan terus berubah jadi kristal atau bubuk ya”. Kejadian ini akan saya ceritakan ke para tetangga di Kelurahan Josenan, supaya nanti bisa dikasih pelatihan lagi dari mahasiswa Farmasi Wima.”Mbak bisa minta kontaknya? Nanti kalau ibu-ibu arisan pengen pelatihan biar saya bisa menghubungi WIMA”.

Semoga dengan adanya pelaksanaan program HIMAFARMA tersebut mampu menjadi salah satu sarana pelayanan dan pengabdian pada masyarakat khususnya kaum marjinal dan semoga mampu menciptakan wirausaha baru dan meningkatkan kesejahteraan bagi warga binaan LBK Dinas Sosial Kota Madiun.
 –Laila Rahmawati-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar