Jumat, 31 Maret 2017

KKN 2017 Geombang 1



Sejak tahun ajaran 2016-2017 KKN dilaksanakan 2 kali atau dua periode dalam satu tahun yaitu semester gasal dan semester genap. Periode semester gasal diadakan pada Januari sedangkan semester genap diadakan pada Juli dan pelaksanaan KKN saat memasuki libur akademik. Kegiatan KKN dilakukan dengan tujuan untuk membantu masyarakat, memberdayakan masyarakat, mendampingi, serta memberikan pengarahan-pengarahan sehingga masyarakat terbantukan dalam  memecahkan berbagai masalah baik dalam bidang sosial maupun ekonomi.
Untuk dapat mengikuti kegiatan KKN mahasiswa Unika Widya Mandala Madiun harus memenuhi syarat yang tercantum dalam buku Pedoman Akademik. Syarat utamanya yaitu mahasiswa harus menempuh  110 sks. Syarat ini memang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya namun hal ini dilakukan dengan tujuan agar mereka benar-benar siap dengan potensi dirinya masing-masing sebelum terjun langsung di dunia masyarakat.
            Peserta yang mengikuti kegiatan KKN pada Januari sebanyak 37 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Masing-masing kelompok ditempatkan di Desa Brumbun dan Nglambangan. Dalam kegiatan ini mereka ditugaskan untuk menggalakkan Desa Wisata Air (Brumbun) dan Punden (Nglambangan) yang diharapkan keduanya dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Dalam mendukung kegiatan ini mahasiswa juga melakukan kegiatan promosi melalui berbagai media sosial, seperti Instagram, facebook dan lainnya untuk memperkenalkan dan meng-explore wilayah tersebut kepada masyarakat umum.
            Dalam kegiatan KKN, kampus kita ini memiliki satu pinsip yaitu “kami datang bukan sebagai sinterklas, kami tidak akan pernah memberikan yang sifatnya material dan finansial namun yang kami berikan lebih kepada potensi diri yang dimiliki oleh mahasiswa karena ilmu yang bermanfaat sifatnya lebih berharga daripada uang” seperti yang diungkapkan oleh Bu Theresia Purbandari, Ketua Panitia KKN sekaligus Ketua LP3M.
-KA-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar