Jumat, 31 Maret 2017

ARTIKEL ERA DIGITAL



                 Hai sobat BIMA kali ini kita akan mengulik semua hal yang berkaitan dengan era digital di antaranya ada perkembangan internet dan all about medsos. Yuk simak terus ya sob!!!
                Secara sederhana interconnection network atau yang dikenal sebagai internet adalah suatu jaringan komputer satu dengan komputer lain yang saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi. Tau gak sih sob? Menurut sumber eMarketer ternyata Indonesia pada tahun 2016 menduduki posisi keenam untuk kategori negara dengan pengguna internet terbanyak. Dan yang lebih menariknya lagi pada 2017 ini Indonesia diperkirakan akan naik ke posisi lima menggeser kedudukan Jepang. Keren kan sob? Indonesia merupakan salah satu negara yang telah menggunakan internet sebagai media komunikasi dan perkembangan internet pun sangat pesat. Masyarakat dapat mengakses informasi apa saja, kapan saja, dari negara mana saja dengan mudah dan cepat melalui smartphone, laptop, dan komputer. Menurut salah satu sumber pengguna internet ini sebagian besar didominasi oleh remaja dan anak-anak.
                Media sosial sebenarnya terdiri atas beberapa kategori, yaitu ada jejaring sosial, blog, wikis, forum, sharing konten, microblogging, dan media sosial komersial. Namun pada kesempatan ini yang kita ulas adalah mengenai jejaring sosial. Sobat BIMA pasti tidak asing dengan jejaring sosial ini. Jejaring sosial merupakan jenis media sosial yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan mengelola halaman sendiri, berbagi konten dan membangun hubungan pertemanan, misalnya seperti facebook, twitter, myspace, instagram, path dan aplikasi chat lainnya. Adanya jejaring sosial ini memberikan efek yang besar terhadap perilaku para penggunanya.
Salah satu hal baiknya adalah kita dapat berkomunikasi dengan mudah menggunakan medsos ini, menambah wawasan dan pengetahuan, mengakrabkan hubungan pertemanan dengan orang yang jauh sehingga mempererat silaturahmi dengan orang yang berjauhan tempat tinggal. Tapi penggunaan media sosial yang berlebihan juga tidak baik lo sobat. Lama-lama kita malah jadi medsos addict yang tidak bisa hidup tanpa medsos. Kita akan semakin malas belajar jika sudah ketagihan dengan medsos. Selain itu kita juga akan merasa tidak peduli dengan keadaan sekitar dan terdampak situs pornografi serta penipuan transaksi elektronik.
Jangan sampai ya sobat BIMA menjadi generasi yang kecanduan media sosial. Oleh karenanya yuk kita simak ciri-ciri orang yang kecanduan media sosial:
1.       Pasti jika kalian sudah mengenal media sosial kalian akan ketagihan dengan aktivitas yang satu ini yap salah satunya adalah scrolling. Dengan membuka akun media sosial, kita akan disuguhkan berbagai macam informasi mulai dari status, foto, video dan postingan lainnya yang dapat membuat kita tersenyum bahkan tertawa sendiri dan ingin nge-like atau berkomentar dalam postingan tersebut. Hal ini akan membuat kita ketagihan untuk melihat terus dan tiada henti, sampai-sampai kita lupa berapa lama waktu yang telah kita habiskan untuk scrolling.
2.       Terlalu sering update status. Awalnya kita pikir itu hanya sekedar membagikan status atau perasaan yang sedang kita alami yang dilakukan untuk mencari eksistensi dunia maya. Tapi kalau update-nya terlalu sering itu malah akan membuat orang berpikir bahwa kamu sedang kesepian lo sob. Selain itu, dari status kita juga dapat mengundang bahaya. Jadi pikir-pikir dulu ya sebelum update status.
3.       Stalking yang tiada hentinya, sebaiknya sobat BIMA menghindari hal ini ya. Karena dengan stalking selain akan menghabiskan banyak waktu dengan percuma juga akan membuat kita tambah baper lo.
4.       Sibuk di dunia maya tanpa menghiraukan dunia nyata. Hal ini sudah biasa terjadi di sekitar kita, kita malah asyik bermain gadget sendiri dan terkadang tidak memperhatikan orang yang nyata-nyata di depan kita. Jadi simple-nya media sosial itu terkadang mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.
Hindari hal-hal tersebut ya sobat BIMA, karena kita sebagai generasi muda harus pandai-pandai dalam memanfaatkan teknologi. Jangan sampai kita menjadi generasi yang diperbudak oleh teknologi, sebaliknya kitalah yang harus mengendalikan teknologi. Teknologi yang canggih harus kita manfaatkan semaksimal mungkin dan buang jauh-jauh niatan buruk yang terlintas di pikiran kita untuk menggunakan internet dalam hal negatif. Internet memang identik dengan dampak negatifnya dan sebagai generasi muda kita harus mengubah pandangan tersebut. Jika kita dapat menggunakan internet dengan baik justru akan membuahkan manfaat yang sangat besar bagi kita. Dalam bidang pendidikan internet dapat memberi referensi dan informasi lengkap terkait materi pelajaran atau hal lainnya. Dalam bidang bisnis pun kita dapat menggunakan internet sebagai sarana dalam mendapatkan penghasilan melalui online shop dan masih banyak manfaat lainnya dalam berbagai aspek.
Sobat BIMA sampai di sini ya artikel mengenai era digital, ingat ya sobat BIMA kita harus dapat menggunakan internet dengan bijak. Sampai ketemu di artikel selanjutnya yang tak kalah menarik ya sobat.  
-SR-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar