Senin, 04 September 2017

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM)



Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (semula Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti), Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Ristek Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan baik akademis maupun praktis dan dapat menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta memperkaya budaya nasional.
PKM dikembangkan untuk menghantarkan mahasiswa mencapai taraf kreativitas dan inovasi yang berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerja sama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.
PKM-P
Merupakan  program  penelitian  yang  dimaksudkan  untuk  mampu  menjawab berbagai  macam  permasalahan  yang  berkaitan  dengan  isu terkini,  misalnya mengidentifikasi  faktor  penentu mutu  produk,  pengembangan  metode pembelajaran,  inventarisasi  atau  eksplorasi  sumber  daya,  modifikasi  produk, identifikasi, dan pengujian khasiat senyawa kimia bahan alam, atau merumuskan teknik pemasaran.
PKM-K
Merupakan program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan  berorientasi  pada  profit.  Komoditas  usaha  yang  dihasilkan  dapat  berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar. Jadi pemeran utama berwirausaha dalam hal ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya.
PKM-M
Merupakan  program penerapan ilmu  pengetahuan,  teknologi  dan  seni  dalam upaya  peningkatan  kinerja,  membangun  keterampilan  usaha,  penataan  dan perbaikan  lingkungan,  penguatan  kelembagaan  masyarakat,  sosialisasi penggunaan  obat  secara  rasional,  pengenalan,  dan  pemahaman  aspek  hukum adat, upaya penyembuhan buta aksara, dan lain-lain bagi masyarakat baik formal maupun  non-formal,  yang  sementara  ini  dinilai  kurang  produktif.  Proposal program  ini  mensyaratkan adanya  komitmen  bekerja sama  secara  tertulis  dari komponen masyarakat yang akan dibantu atau menjadi khalayak sasaran.
PKM-T
Merupakan  program  bantuan  teknologi  (mutu  bahan  baku,  prototipe,  model, peralatan  atau  proses  produksi,  pengolahan  limbah,  sistem  jaminan  mutu  dan lain-lain) atau manajemen (pemasaran, pembukuan, status usaha dan lain-lain) atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil (industri rumahan, pedagang kecil  atau  koperasi), menengah atau  bahkan  berskala  besar, yang  menyangkut kepentingan masyarakat luas dan sesuai dengan kebutuhan calon mitra program.
PKM-KC
Merupakan program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya. Karya cipta tersebut bisa saja belum memberikan nilai kemanfaatan langsung bagi pihak lain

Biasanya pengusulan proposal dilakukan pada September-Oktober. PKM diusulkan secara berkelompok yang terdiri atas 3-5 mahasiswa gabungan mahasiswa lintas semester, dengan minimal 2 semester berbeda. Setiap pengusul diperbolehkan maksimal ikut 2 judul. Peserta hanya diperbolehkan menjadi ketua pengusul untuk satu judul yang diajukan pada waktu yang sama.

Adapun keuntungan yang diperoleh pengusul adalah :
1.    Meningkatkan kemampuan menulis karya tulis yang baik dan benar. Hal ini juga yang menunjang teman-teman membuat tugas kuliah seperti paper, makalah, bahkan skripsi menjadi hal yang mudah karena sudah terbiasa membuat karya tulis yang ilmiah.
2.    Lolos PIMNAS = dapat pengetahuan baru dan relasi. Sebelumnya sudah tahukah apa itu PIMNAS? PIMNAS merupakan singkatan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. PIMNAS adalah ajang kompetisi berskala NASIONAL di mana para mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia unjuk kemampuan intelektual dan kreativitas dalam bentuk pembuatan PKM. Wah.. Kebayang dong, kalau teman-teman ikut PIMNAS, maka akan banyak pengetahuan baru dan juga relasi pastinya.
3.    Hadiah. Bila PKM yang teman-teman buat berhasil didanai DIKTI, maka teman-teman akan mendapatkan dana hibah berjumlah sekitar Rp. 2.500.000,00 sampai Rp. 12.500.000,00 sesuai yang diajukan pada proposal. Ada keuntungan lebih bila PKM teman-teman bisa diikutsertakan dalam ajang PIMNAS serta meraih juara yaitu ada medali emas, perak, dan perunggu serta penghargaan lainnya yang menunggu teman-teman.
Masih penasaran dengan keuntungan lainnya kan… Oleh karena itu ayo tunjukkan kreativitas teman mahasiswa dengan membuat PKM dan jadilah juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar