Sabtu, 23 Februari 2019

“ PELATIHAN MACRAME” Program Kemitraan Masyarakat prodi Akuntansi 2018




(Foto bersama peserta pelatihan macrame 11 Juli 2018)

Kegiatan Pelatihan Macrame yang telah diselenggarakan di Auditoriun Unversitas Katolik Widya Mandala Madiun (11/07) adalah kegiatan awal dari kegiatan Tim PKM Prodi Akuntansi Tahun 2018.  Kegiatan ini merupakan bentuk realisasi dari program usulan TIM PKM dalam Program Kemitraan Masyarakat yang dikelola oleh Kemenristekdikti 2017 untuk pendanaan 2018. Pada kesempatan ini tim PKM Prodi Akuntansi Tahun 2018 berkerjasama dengan Komunitas Celyza guna menyukseskan kegiatan PKM ini.
Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang ibu-ibu dari RT 22 Perumnas I Manisrejo. Tujuan utama dari kegiatan yang dilaksanakan tim PKM Prodi Akuntansi tahun 2018 adalah pemberdayaan ibu rumah tangga yg ada di RT 22 agar dapat menghasilkan bahkan menambah pendapatan keluarga sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 07.30 dimulai dengan tahap registrasi, doa pembuka, sambutan ketua PKM, ketua PKK RT 22, paparan materi, pelatihan macrame membuat tas, dan ditutup dengan penyerahan cinderamata dari komunitas Celyza kepada tim PKM, dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan doa Penutup.
Dalam sambutannya, Ibu Theresia Purbandari, S.E., M.Sc. selaku ketua Tim PKM prodi Akuntansi 2018 selain memaparkan tujuan programnya dengan tim PKM, tak lupa beliau juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ristekdikti yang telah mendanai semua kegiatan ini. Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada Universitas Katolik Widya Mandala Madiun yang telah memfasilitasi kegiatan ini sehingga dapat berjalan lancar. Dilanjutkan dengan sambutan Ibu Pri selaku ketua Ibu-ibu PKK RT 22 Perumnas I Manisrejo mewakili seluruh peserta pelatihan mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya untuk Tim PKM Prodi Akuntansi 2018 yang memberi kesempatan kepada para ibu-ibu yang ada di RT 22 untuk mengikuti semua kegiatan pelatihan. Beliau juga menyampaikan semoga harapan yang diharapkan oleh Tim PKM dapat terlaksana dan memberikan manfaat yang dapat dirasakan bagi para peserta pelatihan ini.
Pemaparan materi dilakukan oleh Bu Rice, selaku ketua komunitas Celyza. Setelah pemaparan singkat, kegiatan ini dilangsungkan selama kurang lebih 4 jam untuk terjun praktek langsung kepada pelatihan macrame. Produk yang diajarkan pada kesempatan kali ini adalah berbentuk tas. Selama pelatihan peserta sangat antusias. Berawal dari tidak tahu sama sekali, akhirnya sudah bisa menyelesaikan sampai 2 baris. Kegiatan membuat tas dari tali kur ini akan dilanjutkan di rumah Ibu masing-masing dengan pendampingan dari Tim PKM secara intensif sampai ibu-ibu ini mampu membuat sendiri tas bahkan bisa membuat produk-produk macrame lainnya.
Adapun rangkaian kegiatan berikutnya yang akan dilaksanakan dari Tim PKM ini antara lain Pelatihan Kewirausahaan, Pelatihan Akuntansi Dasar, Pelatihan TIK untuk Pemasaran Online. Harapannya semoga kegiatan-kegiatan berikutnya dapat berjalan lancar dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan oleh Tim PKM Prodi Akuntansi Tahun 2018.  (TLC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar